SISTEM PERBANDINGAN PENDIDIKAN INDONESIA DAN HONGKONG



1.1              Latar Belakang
Setiap bangsa tentu memiliki sistem pendidikan. Dengan sistem pendidikan itu, suatu bangsa mewariskan segala pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap, agama dan ciri-ciri watak khusus yang dimilikinya dengan cara tertentu kepada generasi penerusnya, agar mereka dapat mewariskannya dengan sebaik-baiknya. Melalui sistem pendidikan itu, suatu bangsa dapat memelihara dan mempertahankan nilai-nilai luhur, serta keunggulan-keunggulan mereka dari generas ke generasi. Sejalan dengan tumbuhnya perkembangan yang pesat dari ilmu-ilmu sosial pada akhir abad 19, tertuju perhatian pada pengakuan adanya hubungan yang dinamis antara pendidikan dengan masyarakat atau negara tertentu. Pendidikan dipandang sebagai cerminan dari suatu masyarakat atau bangsa, dan sebaliknya suatu masyarakat atau bangsa dibentuk oleh system pendidikannya.
Studi perbandingan pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengetahui berbagai aspek yang berhubungan dengan system pendidikan Negara tertentu, terutama yang berhubungan dengan kelebihan yang terjadi pada system pendidikan negara tersebut. Untuk itulah pada kesempatan kali ini penulis mencoba menguraikan perbandingan pendidikan terhadap Negara Indonesia dan Hongkong. Penulis tertarik untuk mengkaji Negara Hongkong ini, dikarenakan Negara ini memiliki kemajuan yang begitu pesat dalam sektor industri, khususnya industri otomotif dan elektronik. Kemajuan ini tidak terlepas dari kemajuan pendidikan di Negara ini, terutama    dalam  penguasaan teknologi  industri.
Makalah ini diharapkan akan dapat menambah bahan, dan kajian penulis tentang pemahaman system pendidikan Negara ini. Yang menjadi perhatian dalam pembahasan makalah ini, hanyalah beberapa aspek penting dari sistem pendidikan pendidikan Negara Indonesia dibandingkan dengan Negara Hongkong.
2.1 Sejarah Singkat Negara Hongkong dan Indonesia                      
Meskipun bukan merupakan sebuah negara, Hong Kong sering dikira sebagai satu negara di kawasan Asia. Faktanya Hong Kong adalah sebuah kawasan yang berada di bawah kendali pemerintahan Tiongkok. Nama resminya adalah Hong Kong Special Administrative Region of the People’s Republic of China. Hong Kong terletak di bagian selatan dari Tiongkok yaitu di Pearl River Estuary dan South China Sea. Bagian utara dari Hong Kong berbatasan dengan Guangdong Province of Mainland China. Sekitar 7,2 juta penduduk dari beragam latar belakang terdaftar sebagai penghuni Hong Kong yang terkenal akan pelabuhannya. Berdasarkan jumlah penghuni yang terdaftar tersebut Hong Kong termasuk dalam salah satu kota terpadat di dunia.
Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau dengan populasi 270.054.853 jiwa yang merupakan terbesar ke-4 di dunia dan Negara kependudukan muslim  terbesar di dunia.[1] Sehinggah Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang  majemuk (multikultur) dilihat dari sisi suku, ras, bahasa, adat istiadat, budaya dan agama yang dipeluk.[2] Dan secara geografis Indonesia terletak antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak antara dua benua yaiti:  Benua Asia dan Benua Australia. Sedangkan Indonesia secara astronomis berada pada 6˚ LU- 11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT. 
2.2 Perbandingan Pendidikan Indonesia dan Hongkong
Pendidikan di Indonesia meliputi seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik secara terstruktur maupun tidak. Pendidikan yang ada di Indonesia kewenangannya berada di tangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Indonesia mewajibkan program belajar 9 tahun kepada seluruh wargan negaranya. Sembilan tahun meliputi pendidikan dasar di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah selama 6 tahun ditambah pendidikan menengah selama 3 tahun di Sekolah Menengah Pertama / Madarasah Tsanawiyah. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jenis sekolah dan dimana mereka akan bersekolah. Saat ini pula, pemerintah telah menunjang sarana prasarana baik berupa buku-buku maupun fasilitas penunjang lainnya. Pendidikan di Indonesia diatur keberjalanannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kurikulum yang diterapkan di Indonesia selalu mengalami pembaharuan dan perbaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kurikulum pendidikan yang diterapkan yakni Kurikulum 2013 yang pada awalnya yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (Anonim, 2017).
Sedangkan hongkong lebih dari 20% anggaran belanja pemerintah Hong Kong adalah untuk sektor pendidikan. Hong Kong telah mengembangkan sistem pendidikan yang sangat baik melayani mahasiswa lokal dan expatriat, juga sekelompok universitas kelas dunia. Struktur sistem pendidikan di Hong Kong didasarkan dari sistem Britania Raya. Dimulai pada usia tiga tahun memasuki TK. Setelah TK, siswa masuk enam tahun sekolah dasar. Masing-masing dari tiga tahun terakhir dari sekolah dasar diakhiri dengan pemeriksaan intens, yang menentukan sekolah menengah bagi setiap siswa yang memenuhi persyaratan. Kurikulum sekolah umum Hong Kong diajarkan dalam bahasa Kanton, sebagian besar siswa internasional dan expat di Hong Kong mengikuti sekolah swasta dan internasional berdasarkan kurikulum dari negara asal mereka. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh fakultas yang sangat berkualitas di Hong Kong maupun luar negeri. Banyak dari sekolah ini mengikuti kurikulum International Baccalaureate (IB) (Batigol,2014).
Hong Kong memiliki delapan universitas yang sangat kompetitif, yang semuanya memiliki ruang untuk siswa internasional serta siswa lokal. Mereka juga menawarkan berbagai studi di luar negeri. Kuliah di universitas Hong Kong tidak murah, sekitar US $ 10.000 per tahun. Berkat dukungan dari pemerintah dan perusahaan swasta, namun, universitas menawarkan berbagai beasiswa dan bantuan paket keuangan. Dana pemerintah dan perusahaan swasta ini juga memastikan bahwa ada dana yang tersedia untuk pengembangan dan penelitian akademik. Universitas Hong Kong menuntut kemampuan tingkat tinggi dalam bahasa Inggris, dan siswa yang non-penutur asli harus mengambil Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) sebelum masuk. Sekitar 66% dari siswa Hong Kong melanjutkan studi lebih lanjut setelah sekolah menengah. Hong Kong saat ini sedang dalam proses reformasi pendidikan utama, yang dirancang untuk mengurangi jumlah ujian dalam kurikulum dan untuk menempatkan lebih banyak perhatian pada pengembangan pribadi. Ini termasuk penekanan pada perkembangan moral, layanan sipil dan kebugaran fisik. Masa satu tahun juga akan ditambahkan ke tingkat Senior sekolah menengah pada tahun 2012. Akhirnya, satu tahun tambahan akan ditambahkan ke jumlah tahun yang diperlukan untuk belajar untuk gelar Bachelor (saat ini tiga), yang berarti bahwa mahasiswa Hong Kong akan diminta untuk menempatkan standar empat tahun studi sarjana.
2.3 Tujuan Pendidikan Indonesia dan Hongkong
2.3.1 Tujuan Pendidikan Indonesia
Pendidikan adalah salah satu amanat yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang. Selain itu sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana terarah dan berkesinambungan.
Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 yang dijelaskan sebagaimana upaya pemrintah dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Yang ditulis dalam BAB II pasal 3 yang berbunyi:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta tanggung jawab.[3]
Pasal 34 ayat 2 juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.[4]
2.3.2 Tujuan Pendidikan Hongkong
            Pendidikan di hongkong juga lebih mengutamakan pengetahuan, keahlian, praktik, serta kemampuan interpersonal. Penerapan praktik  kerja nyata bertujuan melatih para siswa di hongkong akan terbiasa hingga nanti ke jenjang pekerjaan. Anak-anak di hongkong mulai diperbolehkan bersekolah ketika menginjak umur 3 tahun. Sekolah di hongkong di mulai dari TK, kemudian dilanjutkan ke sekolah dasar selamaenam tahun. Setelah sekolah dasar se;esai, lalu dilakukan pemeriksaan  intens terhadap semua siswa. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menetukan sekolah menengah bagi setiap siswa.
2.4 Jenjang Pendidikan Indonesia Hongkong
2.4.1 Jenjang Prndidikan Indonesai
Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang telah ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai serta kemampuan yang akan dikembangkan. Dalam undang-undang disebutkan bahwa jenjang pendidikan formal di Indonesia meliputi pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Masing-masing jenjang memilki rentang usia dan lama pendidikan yang berbeda-beda. Adapun jenjang pendidikan Indonesia yaitu:[5]
1.      Pendidikan anak usia dini
Pendidikan anak usia dini dilakukan sebelum peserta didik memasuki pendidikan dasar. Pendidikan ini dapat dilakukan baik pada jalur formal, nonformal maupun informal. Pada jalur formal berbentuk TK (Taman Kanak-kanak) ataupun RA (Raudhatul Athfal). Untuk dapat menempuh pendidikan di PAUD jalur formal, siswa harus berusia minimal 4 tahun. Pada jalur nonformal berbentuk KB (Kelompok Bermain), TPA (Taman Penitipan Anak), dll. Pendidikan jalur KB diperuntukkan untuk anak usia minimal 2 tahun, sedangkan TPA diperuntukkan untuk anak usia minimal 0 tahun. Sedangkan pada jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
2.      Pendidikan Dasar
pendidikan dasar merupakan pendidikan awal yang wajib diikuti selama sembilan tahun pertama masa sekolah terdiri dari program pendidikan enam tahun di sekolah dasar dan program pendidikan tiga tahun di sekolah lanjutan pertama. Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) serta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTS). Pendidikan dasar merupakan awal dari pendidikan seorang anak karena melatih seorang anak untuk membaca dengan baik, mengasah kemampuan berhitung serta berpikir. Tujuan tingkat pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Untuk mencapai tujuan pendidikan dasar diperlukan peran guru dalam proses pembelajaran agar siswa memiliki keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik. Sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar, bagi anak 0-6 tahun diselenggarakan pendidikan anak usia dini, tetapi bukan merupakan persyaratan untuk mengikuti pendidikan dasar. Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal atau informal.
3.      Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah adalah pendidikan lanjutan dari pendidikan dasar. Bentuk pendidikan menengah ini adalah sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan madrasah aliyah kejuruan (MAK) atau bentuk lain yang sederajat. Tujuan umum pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengethauan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan Tujuan umum pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
4.      Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi adalah lanjutan dari pendidikan menengah. Pendidikan tinggi diselenggarakan bukan lagi di sekolah melainkan di perguruan tinggi. Mencakup berbagai macam program pendidikan diploma, sarjana, magister, doktor dan spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi bekewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada jenjang ini mahasiswa dituntut untuk lebih aktif melakukan praktek/terjun langsung dalam setiap kegiatan pembelajaran karena tujuan akhir dari jenjang pendidikan ini adalah mahasiswa diharapkan dapat menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama. Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, profesi atau vokasi.
2.4.2 Jenjang Pendidikan Hongkong
Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang telah ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai serta kemampuan yang akan dikembangkan. Adapun jenjang pendidikan Hongkong yaitu:[6]
1.      Taman kanak-kanak ( TK )
Anak-anak di Hong Kong mulai diperbolehkan sekolah ketika mereka menginjak umur 3 tahun.
2.      Pendidikan Dasar ( Primary School )
Pemerintah Hong Kong menetapkan wajib belajar pada tingkat pendidikan dasar selama enam tahun. Masing-masing dari tiga tahun terakhir dari sekolah dasar diakhiri dengan pemeriksaan intens, yang akan menentukan sekolah menengah bagi siswa yang memenuhi persyaratan. Kurikulum di pendidikan dasar (primary school) biasanya meliputi pelajaran inti (bahasa Cina, bahasa Inggris, dan matematika), pelajaran dasar (ilmu pendidikan sosial dan ilmu pendidikan alam), pelajaran kesehatan, musik, olah raga, dan keterampilan. Ada tiga macam jenis operasi kegiatan di sekolah dasar, yaitu sekolah pagi, sekolah siang dan sekolah satu harian.
3.      Pendidikan Menengah ( Secandary School )
Sekolah menengah dibagi menjadi dua tingkat: Junior dan Senior. Pada tingkat junior dibagi menjadi tiga tahun, sedangkan tingkat senior menjadi dua tahun. Sekolah-sekolah menengah tersebut juga dibagi lagi menjadi tiga kelompok. Pengelompokan ini bertujuan untuk menentukan peringkat dalam urutan Prestasi Akademik. Kelompok nomor 1 tentu kelompok yang paling bergengsi. Semakin baik peringkat siswa tersebut dari sekolah, maka semakin besar pula kesempatannya untuk masuk ke Universitas bergengsi. Pengelompokan sekolah menengah ini adalah kunci dalam meraih sistem pendidikan terbaik di dunia yang diterapkan Hongkong dari dulu hingga saat ini. Ditiga tahun pertama pada tingkat pendidikan menengah disebut dengan istilah Form One hingga Form Three. Kurikulum pada tingkat ini masih serupa dengan kurikulum pendidikan dasar. Pada tahap senior secondary, para siswa diminta memilih jurusan mereka yaitu Arts (IPS) dan Science (IPA). Di tingkat Form Four dan Form Five, para siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian Hong Kong Certificate of Education Examintaion (HKCEE). Para siswa dengan nilai HKCEE memuaskan dapat melanjutkan ke tahap pendidikan menengah berikutnya. Bagi yang mendapat enam nilai A berkesempatan mendaftar Early Admission System (EAS) untuk masuk ke beberapa perguruan tinggi tertentu.
4.      Pendidikan Tinggi
Universitas Hong Kong menuntut kemampuan tingkat tinggi dalam bahasa Inggris, dan siswa yang berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi harus mengambil Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) atau IELTS sebelum masuk ke Institusi di Hong Kong. Sekitar 66% dari siswa Hong Kong melanjutkan studi lebih lanjut setelah sekolah menengah.
2.5 Sistem Pendidikan Indonesia dan Hongkong
2.5.1 Sistem  Pendidikan Indonesia
Berbicara mengenai sistem pendidikan di Indonesia, Indonesia sekarang menganut berbagai macam sistem pendidikan nasional. Namun sayangnya sistem pendidikan nasional Indonesia sampai sekarang masih belum dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Ada beberapa sistem di Indonesia yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, di antaranya:
Sistem Pendidikan Indonesia yang berorientasi pada nilai.
Sistem pendidikan ini telah diterapkan sejak sekolah dasar. Disini peserta didik diberi pengajaran kejujuran, tenggang rasa, kedisiplinan, dsb. Nilai ini disampaikan melalui pelajaran Pkn, bahkan nilai ini juga disampaikan di tingkat pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
Indonesia menganut sistem pendidikan terbuka.
Menurut sistem pendidikan ini, peserta didik di tuntut untuk dapat bersaing dengan teman, berfikir kreatif dan inovatif untuk menggali dan menemukan pemahaman terhadap sebuah materi yang dibahas.
Sistem pendidikan beragam.
Di Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, daerah, budaya, dll. Serta pendidikan Indonesia yang terdiri dari pendidikan formal, non-formal dan informal.
Sistem pendidikan yang efisien dalam pengelolaan waktu.
Di dalam KBM, waktu di atur sedemikian rupa agar peserta didik tidak merasa terbebani dengan materi pelajaran yang disampaikan karena waktunya terlalu singkat atau sebaliknya.
Sistem pendidikan yang disesuaikan dengan perubahan zaman.
Dalam sistem ini, bangsa Indonesia harus menyesuaikan kurikulum dengan keadaan saat ini. Oleh karena itu, kurikulum di Indonesia sering mengalami perubahan / pergantian dari waktu ke waktu, hingga sekarang Indonesia menggunakan kurikulum K 13, yang mana wujud dari perubahan dan revisi dari KTSP /Kurikulum 2006. Perubahan kurikulum dari waktu ke waktu yang disesuaikan dengan keadaan pendidikan sekarang, memperbaiki sarana-prasarana, mengevaluasi kinerja tenaga pendidik dll. Dengan adanya upaya pendidikan di Indonesia dapat lebih baik agar bangsa Indonesia dapat mengimbangi negara lain terutama negara-negara ASEAN.[7]
2.5.2 Sistem Pendidikan Hongkong
Hong Kong merupakan salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yaitu berada diperingkat ke tiga di dunia dimana peringkat pertama dan kedua ditempati oleh Finlandia dan korea selatang  dalam sebuah klasemen liga global yang  baru, yang di buat oleh Economist Intelligence Unit of Pearson , yang telah menempatkan Hongkong di peringkat 3 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Hong Kong merupakan pengembangan sistem pendidikan Inggris. Sistem tersebut yang telah ditetapkan oleh pemerintah Hong Kong adalah kompetitif dan mengedepankan kualitas pengajar. Pendidikan di Hong Kong lebih mengutamakan pengetahuan, keakhlian, praktik, dan kemampuan interpersonal. Penerapan praktik kerja nyata bertujuan untuk melatih para siswa agar terbiasa hingga nanti ke jenjang pekerjaan.
Kurikulum sekolah umum Hong Kong diajarkan dalam bahasa Kanton, sebagian besar siswa internasional dan expat di Hong Kong mengikuti sekolah swasta dan internasional berdasarkan kurikulum dari negara asal mereka. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh fakultas yang sangat berkualitas di Hong Kong maupun luar negeri. Banyak dari sekolah ini mengikuti kurikulum International Baccalaureate (IB).[8]
a.      Kesimpulan
Hong Kong merupakan salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hong Kong memiliki jenjang pendidikan yang hampir mirip dengan Indonesia dimulai dari TK atau PAUD, Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun, SMP Selama 3 tahun, yang membedakan hanya di tingkat sekolah menengah atas (SMA) Hong Kong selama 2 tahun sedangkan Indonesia 3 tahun.
                        Kualitas Pendidikan Dasar dan Tinggi di Hong Kong jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas Pendidikan Dasar maupun Pendidikan Tinggi di Indonesia jika berdasarkan hasil riset QS World Rangking University Tahun 2015/2016 dimana Universitas Indonesia yang berada pada peringkat 358, berbeda sangat jauh dengan Universitas Hong Kong yang menempati posisi 4 yaitu The Hong Kong University of Science and Technology.

Siswa Kong dilatih berfikir analisis dan menyeluruh. Sedangkan di Indonesia siswa kurang dilatih berfikir analisis secara menyeluruh tetapi siswa lebih berfikir secara instan.
b.               Saran
Dalam penulisan makalah ini, tidak menutup kemungkinan ada kekurangan, jadi diharapkan kritikan dan saran dari pembaca sebagai bahan acuan untuk penulisan makalah selanjutnya.



DAFTAR PUSTAKA
Arif HM.  2008. Interaksi Sosial  Antarumat  Beragama pada Masyarakat Sekolah . Penamas  XXI, No.1.

Daftar Negara Menurut Jumlah Penduduk. 2015.November. Retrieved Nopember  9. 2019
Team Media. 2005. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. surabaya: media Centre.
Team Media. 2003.Undang-undang Republik Indonesia No. 20.
https://lustrousrealm.wordpress.com/2017/02/03/jenjang-pendidikan-formal-di-indonesia. Retrieved. 9 November. 2019
https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html. Retrieved, 9 November. 2019.
https://agusnurhabib01.wordpress.com/2016/04/26/sistem-pendidikan-di-indonesia. Retrieved, 9 November, 2019.

https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html. Retrieved, 9 November. 2019.






[1] Daftar Negara Menurut Jumlah Penduduk. (2015, November). Retrieved Nopember  9, 2019
[2] Arif HM, Interaksi Sosial  Antarumat  Beragama pada Masyarakat Sekolah (Penamas  XXI, No.1,2008), h.1
[3]Team Media, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 (surabaya: media Centre 2005), h.8.
[4] Team Media, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003,
[5] https://lustrousrealm.wordpress.com/2017/02/03/jenjang-pendidikan-formal-di-indonesia. Retrieved, 9 November, 2019

[6] https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html. Retrieved, 9 November, 2019.
[7] https://agusnurhabib01.wordpress.com/2016/04/26/sistem-pendidikan-di-indonesia. Retrieved, 9 November, 2019.

[8] https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html. Retrieved, 9 November, 2019.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Al-Bukhari

Yazid bin muawiyah