SISTEM PERBANDINGAN PENDIDIKAN INDONESIA DAN HONGKONG
1.1
Latar Belakang
Setiap bangsa
tentu memiliki sistem pendidikan. Dengan sistem pendidikan itu, suatu bangsa
mewariskan segala pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap, agama dan
ciri-ciri watak khusus yang dimilikinya dengan cara tertentu kepada generasi
penerusnya, agar mereka dapat mewariskannya dengan sebaik-baiknya. Melalui
sistem pendidikan itu, suatu bangsa dapat memelihara dan mempertahankan
nilai-nilai luhur, serta keunggulan-keunggulan mereka dari generas ke generasi.
Sejalan dengan tumbuhnya perkembangan yang pesat dari ilmu-ilmu sosial pada
akhir abad 19, tertuju perhatian pada pengakuan adanya hubungan yang dinamis
antara pendidikan dengan masyarakat atau negara tertentu. Pendidikan dipandang
sebagai cerminan dari suatu masyarakat atau bangsa, dan sebaliknya suatu masyarakat
atau bangsa dibentuk oleh system pendidikannya.
Studi
perbandingan pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengetahui berbagai
aspek yang berhubungan dengan system pendidikan Negara tertentu, terutama yang
berhubungan dengan kelebihan yang terjadi pada system pendidikan negara
tersebut. Untuk itulah pada kesempatan kali ini penulis mencoba menguraikan
perbandingan pendidikan terhadap Negara Indonesia dan Hongkong. Penulis
tertarik untuk mengkaji Negara Hongkong ini, dikarenakan Negara ini memiliki
kemajuan yang begitu pesat dalam sektor industri, khususnya industri otomotif
dan elektronik. Kemajuan ini tidak terlepas dari kemajuan pendidikan di
Negara ini, terutama dalam penguasaan
teknologi industri.
Makalah ini
diharapkan akan dapat menambah bahan, dan kajian penulis tentang pemahaman
system pendidikan Negara ini. Yang menjadi perhatian dalam pembahasan makalah
ini, hanyalah beberapa aspek penting dari sistem pendidikan pendidikan Negara
Indonesia dibandingkan dengan Negara Hongkong.
2.1 Sejarah Singkat Negara
Hongkong dan Indonesia
Meskipun bukan
merupakan sebuah negara, Hong Kong sering dikira sebagai satu negara di kawasan
Asia. Faktanya Hong Kong adalah sebuah kawasan yang berada di bawah kendali
pemerintahan Tiongkok. Nama resminya adalah Hong Kong Special Administrative
Region of the People’s Republic of China. Hong Kong terletak di bagian selatan
dari Tiongkok yaitu di Pearl River Estuary dan South China Sea. Bagian utara
dari Hong Kong berbatasan dengan Guangdong Province of Mainland China. Sekitar
7,2 juta penduduk dari beragam latar belakang terdaftar sebagai penghuni Hong
Kong yang terkenal akan pelabuhannya. Berdasarkan jumlah penghuni yang
terdaftar tersebut Hong Kong termasuk dalam salah satu kota terpadat di dunia.
Indonesia
adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau dengan
populasi 270.054.853 jiwa yang merupakan terbesar ke-4 di dunia dan Negara
kependudukan muslim terbesar di dunia.[1]
Sehinggah Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang majemuk (multikultur) dilihat dari sisi suku,
ras, bahasa, adat istiadat, budaya dan agama yang dipeluk.[2]
Dan secara
geografis Indonesia terletak antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia
juga terletak antara dua benua yaiti:
Benua Asia dan Benua Australia. Sedangkan Indonesia secara astronomis
berada pada 6˚ LU- 11˚ LS dan 95˚ BT-141˚ BT.
2.2 Perbandingan Pendidikan Indonesia dan Hongkong
Pendidikan di Indonesia meliputi seluruh pendidikan yang
diselenggarakan di Indonesia, baik secara terstruktur maupun tidak. Pendidikan
yang ada di Indonesia kewenangannya berada di tangan Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Indonesia mewajibkan program
belajar 9 tahun kepada seluruh wargan negaranya. Sembilan tahun meliputi
pendidikan dasar di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah selama 6 tahun ditambah
pendidikan menengah selama 3 tahun di Sekolah Menengah Pertama / Madarasah
Tsanawiyah. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jenis sekolah dan dimana
mereka akan bersekolah. Saat ini pula, pemerintah telah menunjang sarana
prasarana baik berupa buku-buku maupun fasilitas penunjang
lainnya. Pendidikan di Indonesia diatur keberjalanannya berdasarkan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kurikulum
yang diterapkan di Indonesia selalu mengalami pembaharuan dan perbaikan sesuai
dengan kebutuhan masyarakat. Kurikulum pendidikan yang diterapkan yakni
Kurikulum 2013 yang pada awalnya yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) (Anonim, 2017).
Sedangkan hongkong lebih dari 20% anggaran belanja
pemerintah Hong Kong adalah untuk sektor pendidikan. Hong Kong telah
mengembangkan sistem pendidikan yang sangat baik melayani mahasiswa lokal dan
expatriat, juga sekelompok universitas kelas dunia. Struktur sistem
pendidikan di Hong Kong didasarkan dari sistem Britania Raya. Dimulai pada usia
tiga tahun memasuki TK. Setelah TK, siswa masuk enam tahun sekolah dasar.
Masing-masing dari tiga tahun terakhir dari sekolah dasar diakhiri dengan
pemeriksaan intens, yang menentukan sekolah menengah bagi setiap siswa yang
memenuhi persyaratan. Kurikulum sekolah umum Hong Kong diajarkan dalam bahasa
Kanton, sebagian besar siswa internasional dan expat di Hong Kong mengikuti
sekolah swasta dan internasional berdasarkan kurikulum dari negara asal mereka.
Sekolah-sekolah ini dikelola oleh fakultas yang sangat berkualitas di Hong Kong
maupun luar negeri. Banyak dari sekolah ini mengikuti kurikulum International
Baccalaureate (IB) (Batigol,2014).
Hong Kong memiliki delapan universitas yang sangat
kompetitif, yang semuanya memiliki ruang untuk siswa internasional serta siswa
lokal. Mereka juga menawarkan berbagai studi di luar negeri. Kuliah di
universitas Hong Kong tidak murah, sekitar US $ 10.000 per tahun. Berkat
dukungan dari pemerintah dan perusahaan swasta, namun, universitas menawarkan
berbagai beasiswa dan bantuan paket keuangan. Dana pemerintah dan perusahaan
swasta ini juga memastikan bahwa ada dana yang tersedia untuk pengembangan dan
penelitian akademik. Universitas Hong Kong menuntut kemampuan tingkat tinggi
dalam bahasa Inggris, dan siswa yang non-penutur asli harus mengambil Test
Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) sebelum masuk. Sekitar 66% dari
siswa Hong Kong melanjutkan studi lebih lanjut setelah sekolah menengah. Hong
Kong saat ini sedang dalam proses reformasi pendidikan utama, yang dirancang
untuk mengurangi jumlah ujian dalam kurikulum dan untuk menempatkan lebih
banyak perhatian pada pengembangan pribadi. Ini termasuk penekanan pada
perkembangan moral, layanan sipil dan kebugaran fisik. Masa satu tahun juga
akan ditambahkan ke tingkat Senior sekolah menengah pada tahun 2012. Akhirnya,
satu tahun tambahan akan ditambahkan ke jumlah tahun yang diperlukan untuk
belajar untuk gelar Bachelor (saat ini tiga), yang berarti bahwa mahasiswa Hong
Kong akan diminta untuk menempatkan standar empat tahun studi sarjana.
2.3 Tujuan Pendidikan Indonesia dan
Hongkong
2.3.1 Tujuan Pendidikan Indonesia
Pendidikan adalah salah satu amanat yang
tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan
Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional
yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan
undang-undang. Selain itu sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin
pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan
efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan
tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu
dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana terarah dan berkesinambungan.
Republik
Indonesia No.20 Tahun 2003 yang dijelaskan sebagaimana upaya pemrintah dalam
meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Yang ditulis dalam BAB II pasal 3 yang
berbunyi:
Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta tanggung jawab.[3]
Pasal 34 ayat 2
juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjamin
terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa
memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan
tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah
pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.[4]
2.3.2 Tujuan Pendidikan Hongkong
Pendidikan
di hongkong juga lebih mengutamakan pengetahuan, keahlian, praktik, serta
kemampuan interpersonal. Penerapan praktik
kerja nyata bertujuan melatih para siswa di hongkong akan terbiasa
hingga nanti ke jenjang pekerjaan. Anak-anak di hongkong mulai diperbolehkan
bersekolah ketika menginjak umur 3 tahun. Sekolah di hongkong di mulai dari TK,
kemudian dilanjutkan ke sekolah dasar selamaenam tahun. Setelah sekolah dasar
se;esai, lalu dilakukan pemeriksaan
intens terhadap semua siswa. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menetukan
sekolah menengah bagi setiap siswa.
2.4 Jenjang Pendidikan Indonesia Hongkong
2.4.1 Jenjang Prndidikan Indonesai
Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang telah
ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan
dicapai serta kemampuan yang akan dikembangkan. Dalam undang-undang disebutkan
bahwa jenjang pendidikan formal di Indonesia meliputi pendidikan dasar,
pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Masing-masing jenjang memilki
rentang usia dan lama pendidikan yang berbeda-beda. Adapun jenjang pendidikan
Indonesia yaitu:[5]
1. Pendidikan anak usia
dini
Pendidikan anak usia dini
dilakukan sebelum peserta didik memasuki pendidikan dasar. Pendidikan ini dapat
dilakukan baik pada jalur formal, nonformal maupun informal. Pada jalur formal
berbentuk TK (Taman Kanak-kanak) ataupun RA (Raudhatul Athfal). Untuk dapat
menempuh pendidikan di PAUD jalur formal, siswa harus berusia minimal 4 tahun.
Pada jalur nonformal berbentuk KB (Kelompok Bermain), TPA (Taman Penitipan
Anak), dll. Pendidikan jalur KB diperuntukkan untuk anak usia minimal 2 tahun,
sedangkan TPA diperuntukkan untuk anak usia minimal 0 tahun. Sedangkan pada
jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang
diselenggarakan oleh lingkungan.
2.
Pendidikan Dasar
pendidikan dasar merupakan
pendidikan awal yang wajib diikuti selama sembilan tahun pertama masa sekolah
terdiri dari program pendidikan enam tahun di sekolah dasar dan program
pendidikan tiga tahun di sekolah lanjutan pertama. Pendidikan dasar berbentuk
sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) serta sekolah menengah pertama
(SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTS). Pendidikan dasar merupakan awal dari
pendidikan seorang anak karena melatih seorang anak untuk membaca dengan baik,
mengasah kemampuan berhitung serta berpikir. Tujuan tingkat pendidikan dasar
adalah meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta
ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Untuk
mencapai tujuan pendidikan dasar diperlukan peran guru dalam proses
pembelajaran agar siswa memiliki keseimbangan antara kognitif, afektif dan
psikomotorik. Sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar, bagi anak 0-6 tahun
diselenggarakan pendidikan anak usia dini, tetapi bukan merupakan persyaratan
untuk mengikuti pendidikan dasar. Pendidikan anak usia dini dapat
diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal atau informal.
3.
Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah adalah
pendidikan lanjutan dari pendidikan dasar. Bentuk pendidikan menengah ini
adalah sekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah
kejuruan (SMK) dan madrasah aliyah kejuruan (MAK) atau bentuk lain yang
sederajat. Tujuan umum pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan,
pengethauan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan Tujuan umum pendidikan
menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
4.
Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi adalah lanjutan
dari pendidikan menengah. Pendidikan tinggi diselenggarakan bukan lagi di
sekolah melainkan di perguruan tinggi. Mencakup berbagai macam program
pendidikan diploma, sarjana, magister, doktor dan spesialis yang
diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi bekewajiban
menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada
jenjang ini mahasiswa dituntut untuk lebih aktif melakukan praktek/terjun
langsung dalam setiap kegiatan pembelajaran karena tujuan akhir dari jenjang
pendidikan ini adalah mahasiswa diharapkan dapat menjadi manusia yang
bermanfaat untuk sesama. Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program
akademik, profesi atau vokasi.
2.4.2 Jenjang
Pendidikan Hongkong
Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang telah
ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan
dicapai serta kemampuan yang akan dikembangkan. Adapun jenjang pendidikan Hongkong
yaitu:[6]
1.
Taman kanak-kanak ( TK )
Anak-anak di Hong Kong mulai diperbolehkan
sekolah ketika mereka menginjak umur 3 tahun.
2.
Pendidikan Dasar ( Primary School )
Pemerintah Hong Kong menetapkan wajib belajar
pada tingkat pendidikan dasar selama enam tahun. Masing-masing dari tiga tahun
terakhir dari sekolah dasar diakhiri dengan pemeriksaan intens, yang akan
menentukan sekolah menengah bagi siswa yang memenuhi persyaratan. Kurikulum di
pendidikan dasar (primary school) biasanya meliputi pelajaran inti (bahasa
Cina, bahasa Inggris, dan matematika), pelajaran dasar (ilmu pendidikan sosial
dan ilmu pendidikan alam), pelajaran kesehatan, musik, olah raga, dan
keterampilan. Ada tiga macam jenis operasi kegiatan di sekolah dasar, yaitu
sekolah pagi, sekolah siang dan sekolah satu harian.
3.
Pendidikan Menengah ( Secandary
School )
Sekolah menengah dibagi menjadi dua tingkat:
Junior dan Senior. Pada tingkat junior dibagi menjadi tiga tahun, sedangkan
tingkat senior menjadi dua tahun. Sekolah-sekolah menengah tersebut juga dibagi
lagi menjadi tiga kelompok. Pengelompokan ini bertujuan untuk menentukan
peringkat dalam urutan Prestasi Akademik. Kelompok nomor 1 tentu kelompok yang
paling bergengsi. Semakin baik peringkat siswa tersebut dari sekolah, maka
semakin besar pula kesempatannya untuk masuk ke Universitas bergengsi.
Pengelompokan sekolah menengah ini adalah kunci dalam meraih sistem pendidikan
terbaik di dunia yang diterapkan Hongkong dari dulu hingga saat ini. Ditiga
tahun pertama pada tingkat pendidikan menengah disebut dengan istilah Form One
hingga Form Three. Kurikulum pada tingkat ini masih serupa dengan kurikulum
pendidikan dasar. Pada tahap senior secondary, para siswa diminta memilih
jurusan mereka yaitu Arts (IPS) dan Science (IPA). Di tingkat Form Four dan
Form Five, para siswa mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian Hong Kong
Certificate of Education Examintaion (HKCEE). Para siswa dengan nilai HKCEE
memuaskan dapat melanjutkan ke tahap pendidikan menengah berikutnya. Bagi yang
mendapat enam nilai A berkesempatan mendaftar Early Admission System (EAS)
untuk masuk ke beberapa perguruan tinggi tertentu.
4.
Pendidikan Tinggi
Universitas Hong Kong menuntut
kemampuan tingkat tinggi dalam bahasa Inggris, dan siswa yang berasal dari
negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi harus
mengambil Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL) atau IELTS sebelum
masuk ke Institusi di Hong Kong. Sekitar 66% dari siswa Hong Kong melanjutkan
studi lebih lanjut setelah sekolah menengah.
2.5
Sistem Pendidikan Indonesia dan Hongkong
2.5.1
Sistem Pendidikan Indonesia
Berbicara
mengenai sistem pendidikan di Indonesia, Indonesia
sekarang menganut berbagai macam sistem pendidikan nasional. Namun sayangnya
sistem pendidikan nasional Indonesia sampai sekarang masih belum dapat
dilaksanakan sebagaimana mestinya. Ada beberapa sistem di Indonesia yang telah
dilaksanakan oleh pemerintah, di antaranya:
Sistem Pendidikan Indonesia yang berorientasi pada nilai.
Sistem pendidikan ini telah diterapkan sejak sekolah dasar.
Disini peserta didik diberi pengajaran kejujuran, tenggang rasa, kedisiplinan,
dsb. Nilai ini disampaikan melalui pelajaran Pkn, bahkan nilai ini juga
disampaikan di tingkat pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
Indonesia menganut sistem pendidikan terbuka.
Menurut sistem pendidikan ini, peserta didik di tuntut untuk
dapat bersaing dengan teman, berfikir kreatif dan inovatif untuk menggali dan
menemukan pemahaman terhadap sebuah materi yang dibahas.
Sistem pendidikan beragam.
Di Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa, daerah,
budaya, dll. Serta pendidikan Indonesia yang terdiri dari pendidikan formal,
non-formal dan informal.
Sistem pendidikan yang efisien dalam pengelolaan waktu.
Di dalam KBM, waktu di atur sedemikian rupa agar peserta
didik tidak merasa terbebani dengan materi pelajaran yang disampaikan karena
waktunya terlalu singkat atau sebaliknya.
Sistem pendidikan yang disesuaikan dengan perubahan zaman.
Dalam sistem ini, bangsa Indonesia harus menyesuaikan
kurikulum dengan keadaan saat ini. Oleh karena itu, kurikulum di Indonesia
sering mengalami perubahan / pergantian dari waktu ke waktu, hingga sekarang
Indonesia menggunakan kurikulum K 13, yang mana wujud dari perubahan dan
revisi dari KTSP /Kurikulum 2006. Perubahan kurikulum dari waktu
ke waktu yang disesuaikan dengan keadaan pendidikan sekarang, memperbaiki
sarana-prasarana, mengevaluasi kinerja tenaga pendidik dll. Dengan adanya upaya
pendidikan di Indonesia dapat lebih baik agar bangsa Indonesia dapat
mengimbangi negara lain terutama negara-negara ASEAN.[7]
2.5.2 Sistem
Pendidikan Hongkong
Hong Kong merupakan salah
satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yaitu berada diperingkat
ke tiga di dunia dimana peringkat pertama dan kedua ditempati oleh Finlandia
dan korea selatang dalam sebuah klasemen
liga global yang baru, yang di buat oleh
Economist Intelligence Unit of Pearson , yang telah menempatkan Hongkong di
peringkat 3 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di
Hong Kong merupakan pengembangan sistem pendidikan Inggris. Sistem tersebut
yang telah ditetapkan oleh pemerintah Hong Kong adalah kompetitif dan mengedepankan
kualitas pengajar. Pendidikan di Hong Kong lebih mengutamakan pengetahuan,
keakhlian, praktik, dan kemampuan interpersonal. Penerapan praktik kerja nyata
bertujuan untuk melatih para siswa agar terbiasa hingga nanti ke jenjang
pekerjaan.
Kurikulum sekolah umum Hong
Kong diajarkan dalam bahasa Kanton, sebagian besar siswa internasional dan
expat di Hong Kong mengikuti sekolah swasta dan internasional berdasarkan
kurikulum dari negara asal mereka. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh fakultas
yang sangat berkualitas di Hong Kong maupun luar negeri. Banyak dari sekolah
ini mengikuti kurikulum International Baccalaureate (IB).[8]
a.
Kesimpulan
Hong Kong merupakan salah
satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hong Kong memiliki
jenjang pendidikan yang hampir mirip dengan Indonesia dimulai dari TK atau
PAUD, Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun, SMP Selama 3 tahun, yang membedakan
hanya di tingkat sekolah menengah atas (SMA) Hong Kong selama 2 tahun sedangkan
Indonesia 3 tahun.
Kualitas Pendidikan Dasar
dan Tinggi di Hong Kong jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas
Pendidikan Dasar maupun Pendidikan Tinggi di Indonesia jika berdasarkan hasil
riset QS World Rangking University Tahun 2015/2016 dimana Universitas Indonesia
yang berada pada peringkat 358, berbeda sangat jauh dengan Universitas Hong
Kong yang menempati posisi 4 yaitu The Hong Kong University of Science and
Technology.
Siswa Kong dilatih berfikir
analisis dan menyeluruh. Sedangkan di Indonesia siswa kurang dilatih berfikir
analisis secara menyeluruh tetapi siswa lebih berfikir secara instan.
b.
Saran
Dalam penulisan makalah ini, tidak menutup kemungkinan ada kekurangan, jadi
diharapkan kritikan dan saran dari pembaca sebagai bahan acuan untuk penulisan
makalah selanjutnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arif HM. 2008. Interaksi
Sosial Antarumat Beragama pada Masyarakat Sekolah .
Penamas XXI, No.1.
Daftar
Negara Menurut Jumlah Penduduk. 2015.November. Retrieved Nopember 9. 2019
Team Media. 2005. Undang-undang Republik Indonesia No. 20
Tahun 2003. surabaya: media Centre.
Team
Media. 2003.Undang-undang Republik
Indonesia No. 20.
https://lustrousrealm.wordpress.com/2017/02/03/jenjang-pendidikan-formal-di-indonesia.
Retrieved. 9 November. 2019
https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html.
Retrieved, 9 November. 2019.
https://agusnurhabib01.wordpress.com/2016/04/26/sistem-pendidikan-di-indonesia.
Retrieved,
9 November, 2019.
https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html.
Retrieved, 9 November. 2019.
[2] Arif HM, Interaksi Sosial Antarumat Beragama pada Masyarakat Sekolah
(Penamas XXI, No.1,2008), h.1
[3]Team Media, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 (surabaya: media
Centre 2005), h.8.
[4] Team Media, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003,
[5] https://lustrousrealm.wordpress.com/2017/02/03/jenjang-pendidikan-formal-di-indonesia.
Retrieved, 9 November, 2019
[6] https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html.
Retrieved, 9 November, 2019.
[7]
https://agusnurhabib01.wordpress.com/2016/04/26/sistem-pendidikan-di-indonesia.
Retrieved, 9 November,
2019.
[8] https://alifaindahsendari.blogspot.com/2018/03/dr-dirgantarawicaksono-mpd-perbedaan.html.
Retrieved, 9 November, 2019.
Komentar
Posting Komentar